Jumat, 15 Maret 2013

Review dan Cara Instalasi Modem Hp Smartfren E781A XSTRE@M EV-DO

Smartfren mengeluarkan hape sekaligus modem berbasir Evdo. Berikut ini saya berbagi tentang cara instalasi modem yang “kurang lazim” dari E781A XSTRE@M. Sebab, pada fitur modem selalu menyertai dengan software aplikasi pendukung, misalnya untuk membuka SMS, dial phone, APN setting, dll.
 
smartfren e781a

Nah, pada Smartfren E781A, hanya dilengkapi dengan driver saja. Memang, Instalasi driver hanya cukup plug and play saja. Namun setelah itu, banyak yang tidak paham, sehingga rekan-rekan mengira modemnya gagal, rusak—tidak bisa. 

Jika melihat pada buku panduan secara umum telah diulas tentang instalasi pada Window XP atau Windows 7. Di sana kita diajak untuk membuat koneksi baru secara manual. Pada tahap ini, kita baiknya mengikuti pengaduan tersebut hingga tuntas.
 
Untuk mendownload manual modem dari Smartfren silahkan pada link berikut :
link 1 Driver modem E781A dan Manual (complete)
Gambar menunjukkan posisi driver telah ter-install baik
Setelah semua driver telah terpasang, kita membuat koneksi baru secara manual, seperti panduan instalasi modem dari Smartfren. Selanjutnya, tinggal kita setting dari handphone saja. Masuk ke menu --> sambungan --> pengaturan USB --> [kabel data usb] --> mengisi saja. Jika profil dipilih “disk usb,” kebanyakan susah connect/dial. Akhirnya, kadang terpaksa hape harus di-restart dulu (off-on ulang).   

Ada pun user name dan password, buat saya tidak menjadi masalah. Kadang smart pass: smart, usr: Smartfren / m8 pass: Smartfren / m8, usr: wap pass: wap, usr: cdma pass: cdma, kadang juga cuma kosong aja. Buat saya, yang terpenting dial #777. Masalah DNS, saya bebas aja (kosong, default). Sudah coba ganti DNS, speed sama aja.  

Kalo dial-up berulang-ulang masih sukar, tinggal 2 kemungkinan aja gejalanya. Penyebab pertama, masalah sinyal atau koneksi. Jika Kita coba stand alone (tanpa hubungan ke PC) internet tetap lancar, maka pasti sebab kedua, ada virus yang mengganggu proses dial-up. 

alcatel e781a
Fitur Xstre@m E781A
Keunggulan : 
  • Fitur FB, Twitter, Nimbuzz (support)
  • Opera mini 6.0 (lumayan) 
  • Layar lebar. Puas.
  • SD card slot (support 8 GB)
  • Fitur pendukung ada (headseat, usb charge, dan konektor)
  • Layak disebut sebagai modem CMDA value
Kekurangan :
  • Kadang PC mudah hang. Windows explorer jadi ga stabil, jika koneksi tersambung.
  • Soal 12 GB free (mohon dipelajari, diperjelas). Isi 50 ribu free 1 GB?
  • Suara dan kamera standard
  • Memori data standard

Ingin mencoba? atau Lebih lanjut : http://www.smartfren.com/faq.html
 

0 komentar: