Kamis, 12 April 2012
Email
Firebird adalah sebuah software database relational dengan basis ANSI SQL yang berjalan di atas platform Windows, Linux dan UNIX Firebird merupakan sebuah relational database yang menawarkan berbagai fitur standar ANSI SQL, dan dapat berjalan pada platform Linux, Windows dan berbagai platform UNIX. Firebird menawarkan fitur concurrency yang baik, memiliki performa yang tinggi, dan dukungan bahasa yang lengkap untuk menyimpan procedure dan trigger. Software ini telah digunakan pada sistem produksi di bawah berbagai nama sejak tahun 1981.

Firebird Project merupakan proyek komersial independen dari programmer C dan C++ (penasihat teknis dan juga pendukung proyek ini) yang mengembangkan dan meningkatkan suatu multi-platform relational database management system berdasarkan pada source code yang dirilis oleh Inprise Corp (sekarang dikenal sebagai Borland Software Corp) pada tanggal 25 Juli tahun 2000.

Firebird 2.5 membuat database dengan ODS 11.2, dan memiliki kemampuan untuk dapat membaca database ODS versi sebelumnya, walau fitur-fitur terbaru tidak akan muncul pada versi-versi database tersebut. Tujuan utama dari Firebird 2.5 adalah untuk membentuk dasar sebuah threading architecture baru yang hampir umum pada model Superserver, Classic dan Embedded, menggunakan level sinkronisasi yang rendah dan thread safety pada umumnya.

Meski SQL enhancement bukanlah tujuan utama dari rilis ini, untuk pertama kalinya, user management menjadi dapat diakses (accessible) melalui perintah SQL CREATE/ALTER/DROP USER dan syntax untuk ALTER VIEW dan CREATE OR ALTER VIEW diimplementasikan. PSQL improvement mencakup pengenalan pada autonomous transaction dan kemampuan untuk melakukan query dabatase lainnya melalui EXECUTE STATEMENT.

Firebird 2.5 juga menghadirkan peningkatan pada engine yang digunakan (engine enhancement). Refactoring threading architecture Firebird pada rilis ini memanfaatkan kemampuan symmetric multiprocessing (SMP) dari muliprocessor hardware. Peningkatan ini memberikan efek yang cukup signifikan pada skalabilitas Superserver.

Selain itu, fitur-fitur baru dan peningkatan pada rilis ini diantaranya adalah: beberapa administrative enhancement, lebih banyak lagi penambahan SQL language beserta peningkatan fungsionalitasnya, data-handling enhancement, dan juga penambahan API (API addition). Jadi, bagi Anda yang sedang mencari sebuah RDBMS (Relational DataBase Management System) yang handal, maka Firebird 2.5 merupakan salah satu kandidat yang tepat. 

0 komentar: