Kamis, 05 April 2012

Dokumen SRS

Dokumen SRS - Software Requirement Spesification  merupakan dokumen yang menggambarkan secara detail spesifikasi kebutuhan software dalam pembangunan proyek perangkat lunak sistem informasi.  Dokumen ini ditujukan untuk memberikan gambaran yang spesifik dari kebutuhan software. Spesifikasi kebutuhan tersebut termasuk dari segi perangkat lunak dan perangkat keras. Dokumen SRS ini merupakan acuan untuk mengetahui spesifikasi kebutuhan dalam menyelesaikan proyek ini. Dokumen SRS berisi tentang deskripsi tentang kebutuhan perangkat lunak (tools pembuat system, perancangan system yang akan dikembangkan), perangkat keras dan sumber daya manusia (SDM).

Isi dokumen SRS secara umum berisi poin-poin sebagai berikut :

1. Introduction
Bagian ini berisi penjelasan secara umum berisi tujuan dari pembuatan dokumen SRS secara umum, scope project yang akan dikerjakan melalui dokumen SRS dan referensi, istilah-istilah yang digunakan pada dokumen

2. Overall Description
Bagian ini berisi penjelasan berupa perspektif produk, user yang terkait dengan pengguna produk sistem informasi dan asumsi beserta depedency yang terkait dengan project sistem informasi. bagian ini juga berisi penjelasan fungsi-fungsi produk sistem informasi yang akan dikerjakan.

3. Specific Requirement
Bagian ini berisi penjelasan berupa kebutuhan spesifikasi dari sistem yang akan dibangun. penggambaran kebutuhan sistem dapat digambarkan dalam bentuk use case model yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh system design untuk dirancang lebih spesifik. bagian ini juga menjelaskan fungsionalitas aplikasi yang akan tersedia dan apa saja peruntukannya. performa dan interface juga harus dijelaskan terkait dengan sistem. bagaimana performa yang layak dan seharusnya dimiliki oleh sistem serta bagaimana design interface sistem.

4. Supporting Information
Bagian ini berisi penjelasan informasi yang berfungsi untuk memudahkan pemahaman dokumen SRS. informasi yang disajikan dapat berupa gambar desain prototype yang berkaitan dengan sistem yang dibangun.

0 komentar: