Jumat, 28 Desember 2012

Samsung S5570i Galaxy Pop Plus Firmwares


Android 2.3.6:
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 MM1 Singapore
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 SIN Singapore SingTel
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 STH Singapore
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 THL Thailand
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 XSE Indonesia
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 XSP Singapore
- S5570IDXLE1 / OLBLE1 XXV Vietnam
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 MM1 Singapore
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 SIN Singapore SingTel
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 STH Singapore
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 THL Thailand
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 XSE Indonesia
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 XSP Singapore
- S5570IDXLF2 / OLBLF2 XXV Vietnam
- S5570IJPLC1 Arabic
- S5570IJPLC2 / OJPLC2 KSA Arabic
- S5570IXILD2 / WINLB2 Italy Wind
- S5570IXXKL4 / OXXKL3 XSK Slovakia
- S5570IXXLD6 / OXXLD4 XSK Slovakia

Samsung S5570 Galaxy Mini - B - L Firmwares


Samsung S5570 Firmwares:
Android 2.2.1:
- S5570JPKA3 Arabic
- S5570JPKC1 Arabic

Android 2.3.3:

Android 2.3.4:
- S5570ZSKPC / OZSKPC BRI Taiwan

Android 2.3.5:
- S5570XWKS7 / OXXKS2 AUT Switzerland
- S5570XWKS7 / OXXKS2 FOP Spain
- S5570XWKS7 / OXEKS1 SEB Baltic
- S5570XWKTU / OXXKTC PAN Hungary Telenor

Android 2.3.6:
- S5570AIKT1 / TIMKT2 Italy TIM
- S5570BGKT2 / XECKT3 Spain Moviestar
- S5570BVKT4 / OROKT2 Romania Orange
- S5570BVKT4 / OROKT2 ROM Romania
- S5570DXKPD / OLBKPD MM1 Singapore
- S5570DXKPD / OLBKPD XSE Indonesia
- S5570DXKPD / OLBKPD XTE Philippines
- S5570DXKPD / OLBKPD GLB Philippines Globe
- S5570DXKPD / OLBKPD XME Malaysia
- S5570DXKPD / OLBKPD XXV Vietnam
- S5570DXKT6 / OLBKT3 THL Thailand
- S5570XWKQ7 / EIRKQ2 Ireland eMobile
- S5570XWKQ7 / KCLKQ2 Kazakhstan Kcell
- S5570XWKTN / OXXKTB TNL Netherlands T-Mobile
- S5570XWKTS / OXXKTB FOP Spain

---------------------------------------------------------------
Samsung S5570B Firmwares:
Android 2.3.4:

Android 2.3.5:

Android 2.3.6:

-----------------------------------------------------------------
Samsung S5570L Firmwares:
Android 2.3.5:

Android 2.3.6:
- S5570LWMKPJ / UUBKP8 TTT Trinidad and Tobago
- S5570LWMKPM / UVCKP4 CTI Argentina Claro
- S5570LWMKPO / CHTKP6 Chile Telefonica
- S5570LWMKPO / CHLKP6 Chile Claro

Cara Root Android Galaxy Mini S5570 Froyo 2.2


Cara Root Android Galaxy Mini
Apakah anda pernah mendengar istilah root? Root merupakan salah satu istilah pada sistem operasi linux yaitu super user. Mengapa kita berbicara mengenai linux dan apa hubungannya dengan android? Android merupakan salah satu sistem operasi pada handphone yang memang berbasis pada kernel linux. Root sendiri merupakan salah satu hak akses tertinggi pada sebuah sistem operasi untuk melakukan segala hal diluar batas kemampuan pengguna biasa. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara root android galaxy mini S5570 dengan sangat mudah.

Cara Root Android Galaxy Mini S5570 Froyo 2.2

Untuk mengetahui bagaimana cara root android galaxy mini s5570 dengan jelas, anda diwajibkan terlebih dahulu mendownload file update.zip disini. Dan kemudian ikuti langkah – langkah di bawah ini :
  1. Setelah anda mendownload file update.zip, ekstrak terlebih dahulu file .rar yang bernama root galaxy mini dan hasil ekstrak berupa update.zip masukkan ke dalam sd card anda menggunakan kabel data maupun card reader. 
  2. Letakkan pada direktori manapun, yang pasti anda mengetahui letaknya. 
  3. Matikan galaxy mini anda. 
  4. Kemudian masuk ke mode recovery dengan menekan tombol home dan power secara bersamaan. 
  5. Pilih apply sdcard update.zip, dan kemudian pilih file yang sudah anda download dan dimasukkan ke sd card anda. 
  6. Klik dan tunggu prosesnya sampai selesai. 
  7. Selesai, ponsel android galaxy mini anda sudah di root.
Caranya sangat mudah sekali dan orang awampun juga bisa melakukannya. Bahkan bagi anda yang baru memiliki ponsel android galaxy mini ini bisa melakukannya sendiri, namun jika ragu sebaiknya meminta bantuan atau setidaknya di damping oleh seorang yang sudah cukup handal dalam oprek android.

Cara Rooting Samsung Galaxy Mini GT-S5570

Hai sob... pa kabar....
Kali ni ingin bagi seputar trik buat HP.. klo sebelumnya da postkan tentang Tutorial ngeroot samsung galaxy young sekarang tentang galaxy mini lagi...

apa itu root?
Root adalah super user pada sistem operasi linux. android merupakan sistem operasi mobile yang berbasis pada kernel linux. root merupakan hak akses user dengan lever tertinggi, sama halnya administrator kalo pada sistem operasi windows. pada android, user root tidak diberikan kepada penggunanya. hal ini untuk mencegah pengguna yang tidak mengerti sistem melakukan konfigurasi yang bisa berakibat fatal.

mengapa harus root?
beberapa aplikasi tertentu membutuhkan hak akses penuh (root) untuk masuk ke sistem dan melakukan konfigurasi. Maka dari itu perlu di-Root terlebih dahulu, agar aplikasi tersebut dapat berjalan lancar. Kalau hanya sebatas penggunaan biasa, hal ini tidak perlu dilakukan. Tetapi untuk penggunaan yang lebih lanjut sangat diperlukan, terutama buat orang yang suka ngoprek :andro :-P

Bagaimana cara Rooting Android pada Samsung Galaxy Mini GT-S5570? oke kita mulai :D

Gadget yang saya siapkan:

1. netbook dengan sistem operasi windows 7 (bisa dengan windows XP juga)
2. samsung galaxy mini GT-S5570 dengan sistem operasi gingerbread 2.3.6

Persiapan sebelum melakukan root.

1. usahakan battery dalam keadaan penuh, atau minimal 50%.
2. install driver samsung di pc/laptop, bisa menggunakan aplikasi samsung KIES.
3. kabel data Micro USB.

Langkah2 rooting:

1. unduh SuperOneClick DI SINI
2. hubungkan Galaxy Mini dengan PC/Laptop menggunakan kabel Micro USB. pastikan kabel usb yg original atau punya nokia yang pendek, krn ada beberapa kabel data yang ga support data hanya mengisi baterai.
3. setting ke mode debuging (Menu -> Settings -> Applications -> Development -> USB debugging)
4. apabila di PC/Laptop terdapat antivirus, sebaiknya dimatikan dulu.
5. jalankan aplikasi SuperOneClick, lalu pilih Root dan tunggu sampai selesai.. sampai semuanya OK.
 6. selesai :)) Galaxy Mini berhasil di Root
download Android Terminal Emulator, untuk dapat mengetik command "su" untuk masuk ke root sebagai super user ^^

Selamat Mencoba Sob dan Semoga bermanfaat...
Minggu, 23 Desember 2012

Cara Aktivasi Windows 8 Enterprise Dan Pro

http://asalasah.blogspot.com/2012/12/cara-aktivasi-windows-8-enterprise-dan-pro.htmlHabsy ~  Kali ini ulil akan share aktivator Windows 8 Enterprise maupun Pro. Cara ini bisa di gunakan  untuk keduanya. Banyak yang mencoba berbagai cara akrivasi windows 8 ini bahkan menggunakan software namun tetap tidak berhasil, hal ini juga saya alami.  Dan saya telah mencobanya dan berhasil 100%. Nah.. bagi sobat yang mengalaminya juga langsung aj dicoba. Berikut caranya :

Jika sobat pernah mencoba melakukan aktivasi ini dengan berbagai software atau cara lain namun tidak berhasil juga, maka sobat harus memperbaiki systemnya yang corupt. Caranya dengan buka Comamand Prompt (Admin) dengan cara klik kanan pada tombol Start lalu klik Comamand Prompt (Admin) lalu ketik :

      sfc / scannow

lalu enter, sekarang coba cara di bawah. Semoga sukses
  1. Pertama-tama kita setting DNS internetKlik Start > ketikan "Control Panel" lalu enter > Network And Internet > Network And Sharing Center > Change Adapter Settings > Klik kanan pada koneksi internet yang sedang di gunakan>lalu Klik Properties > Klik tab Networking > Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) > Properties > klik Use the following DNS Server Addresses > Pada Preferred DNS Server masukan ip 8.8.8.8 dan pada Alternate DNS server masukan ip 8.8.4.4

    Setelah itu atur settingan jam internet

  2. Klik jam {yang ada di ujung kanan bawah > Change date and time settings > Klik tab internet time > klik Change Settings > pada Server pilih time.windows.com > Lalu Updatenow > jika sudah Sukses Klik OK tapi jika tidak klik lagi Update Now sampai sukses
    Persiapan sudah selesai, sekarang kita masuk ke cara aktivasi
  3. Klik kanan pada Start > Klik Command Prompt (Admin) > Klik Yes >

    masukan :

    Untuk Windows 8 Pro :

    slmgr.vbs -ipk NG4HW-VH26C-733KW-K6F98-J8CK4

    lalu enter, kemudian masukan



    Untuk Windows 8 Enterprise :

    slmgr.vbs -ipk 32JNW-9KQ84-P47T8-D8GGY-CWCK7

    lalu enter, kemudian masukkan
    slmgr.vbs -skms win8kms4.mooo.com 

    lalu klik enter, kemudian masukan

    slmgr.vbs -ato
    Nah.. selamat windows sobat telah aktif

Silahkan Restart komputer sobat


http://asalasah.blogspot.com/2012/12/cara-aktivasi-windows-8-enterprise-dan-pro.html

Semoga berhasil... Selamat mencoba ^-^

Senin, 10 Desember 2012

Konverter Suhu berbasis Java Mobile

Pada saat ini saya akan mencoba menampilkan pekerjaan saya, kali ini saya membuat aplikasi converter / alat hitung Temperatur menggunakan Java untuk Mobile.

berikut tampilan halaman utamanya :

Ada 3 buah Field yang dapat  kita isi, masing masing 
berisikan Celcius, Reamur, dan Fahrenheit.


Maka akan keluar Form baru seperti berikut :


Seperti itu lah kira kira program yang dapat saya buat, sangat simple dan mudah digunakan
Jika anda tertarik anda dapat melihat skrip berikut:

Skrip
/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

package hello;

import javax.microedition.lcdui.Command;
import javax.microedition.lcdui.CommandListener;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.lcdui.Displayable;
import javax.microedition.lcdui.Form;
import javax.microedition.lcdui.StringItem;
import javax.microedition.lcdui.TextField;
import javax.microedition.midlet.*;

/**
* @author Heaven
*/
public class ConverterSuhu extends MIDlet implements CommandListener{
Display disp;
Form frmInput, frmHasil;
StringItem strCelcius, strFahrenheit, strReamur, strHasil;
TextField txtCelcius, txtFahrenheit, txtReamur;
Command cmdExit, cmdHitung, cmdKembali;
public ConverterSuhu(){
frmInput = new Form("Input Satuan Suhu");
frmHasil = new Form("Hasil");

strCelcius = new StringItem("","CELCIUS", StringItem.PLAIN);
txtCelcius = new TextField("","",30, TextField.NUMERIC);

strFahrenheit = new StringItem("","FAHRENHEIT", StringItem.PLAIN);
txtFahrenheit = new TextField("","",30, TextField.NUMERIC);

strReamur = new StringItem("","REAMUR", StringItem.PLAIN);
txtReamur = new TextField("","",30, TextField.NUMERIC);

cmdExit = new Command("Keluar",Command.EXIT, 0);
cmdHitung = new Command("Hitung",Command.OK, 1);

frmInput.append(strCelcius);
frmInput.append(txtCelcius);
frmInput.append(strFahrenheit);
frmInput.append(txtFahrenheit);
frmInput.append(strReamur);
frmInput.append(txtReamur);

frmInput.addCommand(cmdExit);
frmInput.addCommand(cmdHitung);
frmInput.setCommandListener(this);
}
public void startApp() {
disp = Display.getDisplay(this);
disp.setCurrent(frmInput); }

public void hitungSuhu(){
frmHasil = new Form("Hasil Perhitungan");
int celcius , fahrenheit , reamur;
if(!txtCelcius.getString().equals("")){
celcius = Integer.parseInt(txtCelcius.getString());
fahrenheit = ((celcius)*9/5+32);
reamur = (celcius*4/5);

strHasil = new StringItem("","",StringItem.PLAIN);
strHasil.setText("Fahrenheit = "+fahrenheit+"\nReamur = "+reamur);

}

else if(!txtFahrenheit.getString().equals("")){
fahrenheit = Integer.parseInt(txtFahrenheit.getString());
celcius = ((fahrenheit-32)*5/9);
reamur = ((fahrenheit-32)*4/9);

strHasil = new StringItem("","",StringItem.PLAIN);
strHasil.setText("Celcius = "+celcius+"\nReamur = "+reamur);
}

else if(!txtReamur.getString().equals("")){
reamur = Integer.parseInt(txtReamur.getString());
celcius = ((reamur)*5/4);
fahrenheit = (((reamur)*9/4)+32);

strHasil = new StringItem("","",StringItem.PLAIN);
strHasil.setText("Celcius = "+celcius+"\nFahrenheit = "+fahrenheit);
}

cmdKembali = new Command("Kembali", Command.BACK, 1);
frmHasil.append(strHasil);
frmHasil.addCommand(cmdKembali);
frmHasil.setCommandListener((CommandListener) this);

disp.setCurrent(frmHasil);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(d == frmInput){
if(c == cmdHitung){
hitungSuhu();
}
else if(c == cmdExit){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}else{
if(c == cmdKembali){
disp.setCurrent(frmInput);
}
}
}
}

Buat game di handphone dengan Java ME (Part 1)

Hai. Ketemu lagi dengan aku. Kali ini aku akan posting suatu tutorial tentang game. Mungkin hampir semua temen-temen yang baca blog ini / gak sengaja tersesat di blog ini :D pernah main game di hape. Ada banyak sekali jenis game di handphone, seperti RPG, Adventure (Petualangan), Action, dll. Dan kebanyakan game-game tersebut dibuat menggunakan Java ME (Java Micro Edition). Pernahkah temen-temen punya suatu keingin tahuan gimana sih cara buat game di handphone ? Nah, melalui postingku ini akan ku jelaskan caranya. Oke,, daripada kelamaan. Check it out… !!


Pertama – tama akan ku jelaskan apa sih Java ME (Java Micro Edition itu). Java ME atau yang sering disebut J2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC dan apa lagi yah. Pokoknya buat perangkat kecil yang sering dibawa kemana-mana itu lho. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan java sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat mobile.
Untuk bisa membuat game di HP menggunakan J2ME, secara otomatis kita harus menguasai tentang OOP (Object Oriented Programming) dan pengetahuan tentang pemrograman dasar JAVA.
Sebelum kita memulai membuatnya, terlebih dahulu install dulu IDE yang support untuk Java ME,, contohnya seperti Netbeans, Eclipse, dan lain sebagainya. Untuk tutorial ini saya akan mencontohkannya menggunakan IDE Netbeans yang bisa didownload di situs resmi Netbeans yaitu di http://netbeans.org/downloads. Pada situs tersebut akan tampil beberapa pilihan untuk mendownload seperti berikut :

Pilih yang bagian All, agar semua paket yang diinstal sudah komplit dan tak perlu install software tambahan lagi.
Setelah IDE Netbeans selesai diinstall, buka Netbeans dan pilih File -> New Project. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Pilih Java ME dan pilih Mobile Application. Setelah itu akan muncul jendela New Mobile Application seperti dibawah ini. Ketikkan Name Project-nya. Untuk tutorial kali ini karena kita akan mencoba menuliskan “Hello Word” maka buat project baru dengan nama Hello Project.
Hilangi centang “Create Hello Midlet”. Lalu klik Next. Tapi kalo temen-temen mau buat desain secara visualnya silahkan dicentang. Karena saya mau njelasin langsung di code-nya jadi hilangkan centangnya.
Setelah itu akan muncul jendela pengaturan platform default. Disini kita akan menggunakan emulator default yang udah disediakan oleh java. Lalu disini juga kita bisa mengatur model handphone sesuai kebutuhan di bagian Device, dan beberapa pengaturan lainnya.

Kemudian klik next, karena kita akan menggunakan pengaturan secara default yang udah diberikan oleh Java. Setelah itu akan muncul sebuah jendela lagi, untuk pengaturan lebih lanjut. Langsung saja klik Finish.
Setelah itu dalam tab Projects akan muncul sebuah project baru dengan icon handphone. Untuk menambahkan source code, pilih bagian “Source Project” lalu pilih “<default package>”, kemudian klik kanan “<default package>”. Pilih New -> MIDlet.

Setelah itu akan muncul jendela baru seperti berikut.

Ketikkan MIDlet Name, kemudian klik Finish.
Mungkin temen-temen masih asing dengan kata MIDlet. MIDlet ??? Apaan tuh ?
MIDlet adalah aplikasi java (J2ME) untuk perangkat seluler (ponsel). Berbagai konten (teks diformat, gambar, link web, panggilan suara, sms, email) dapat digunakan dalam MIDlet, dan akan selalu tersedia.
MIDlet mempunyai siklus hidup/life cycle. Suatu MIDlet setelah diciptakan akan berada di salah satu status (active, paused, destroyed). Begitu obyek suatu MIDlet diciptakan akan memasuki status paused menunggu perintah berikutnya. MIDlet memasuki status active ketika setelah method startApp() dipanggil. MIDlet akan kembali ke status pause jika method pauseApp() dipanggil. Setelah semua proses di dalam MIDlet selesai dilakukan dan MIDlet dimatikan maka MIDlet berada dalam status destroyed. Status destroyed ini dimasuki MIDlet pada pemanggilan method destroyApp(boolean).

Oke, sesudah kita buat MIDlet baru,,, langsung saja kita buat aplikasi pertama kita yaitu menampilkan tulisan Hello Word pada sebuah TextBox yang kita buat. Berikut ini source code lengkapnya. Silahkan dipraktekkan…

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class HelloMidlet extends MIDlet {
private Command keluar;
public HelloMidlet() {
keluar = new Command("Exit",Command.EXIT,1);
TextBox tb = new TextBox("Hello MIDlet","Hello World",15,0);
tb.addCommand(keluar);
Display.getDisplay(this).setCurrent(tb);
}
public void startApp() {
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void commmandAction(Command c, Displayable d){
if(c==keluar) notifyDestroyed();
}
}

Setelah di-running dan dijalankan akan muncul seperti ini.
Mungkin temen-temen semua tanya “Lha,, terus bikin gamenya kapan ???”…
Sabar dulu,,, ini baru buat aplikasi awalnya. Pada post berikutnya saya akan menjelaskan beberapa Antar Muka di Java ME (J2ME) . Jadi simak terus blog ini,, biar gak ketinggalan posting-posting yang baru.
OKE JEH….

Canvas di Java Mobile

cara menggunakan canvas di java mobile, biasanya canvas digunakan untuk membuat game dengan aplikasi java mobile. Ini adalah contoh simple penggunaan canvas

tambahkan implements CommandListener di public class jadi
public class Canvas1 extends MIDlet implements CommandListener{
definisikan variable
private Canvas canvas;
    private Command cmdKeluar;
    private Display display;
tambahkan construktor
public Canvas1(){
        cmdKeluar = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
        canvas = new Canvas() {
            protected void paint(Graphics g) {
                throw new UnsupportedOperationException("Not supported yet.");
            }
        };
        canvas.addCommand(cmdKeluar);
        canvas.setCommandListener(this);
    }
tambahkan source di startApp
public void startApp() {
        display = Display.getDisplay(this);
        display.setCurrent(canvas);
    }
tambahkan source di commandAction
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
        if(d==canvas){
            if(c==cmdKeluar){
                destroyApp(false);
                notifyDestroyed();
            }
        }
    }
source dapat didownload disini pass

Contoh Aplikasi Konversi Mata Uang Menggunakan J2ME

   Selamat malam gan, kali ini saya mau share project. Project apa yaa????? heheheee. Santai gan, saya mau share project Aplikasi Konversi Mata Uang yang dibuat oleh saya  dan 2 Temen (Amin n Hamim ). Aplikasi ini saya buat presentasi UTS mata kuliah Pemrograman Java tadi sore.
         Langsung aja gan, Aplikasi Konversi Mata Uang ini saya buat menggunakan bahasa pemrograman java mobile (J2ME). Aplikasi Konversi Mata Uang ini sangatlah sederhana, karena masih bersifat aplikasi statis. Dalam Aplikasi Konversi Mata Uang, saya menggunakan beberapa komponen standar java mobile seperti Form,Alert,ChoiceGroup,Command,Ticker,List,TextField.

               Pada postingan kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detail source codenya, saya hanya akan memberikan file project nya. Source code Aplikasi Konversi Mata Uang ini mungkin saya akan bahas secara detail pada postingan yang akan datang. Di bawah ini, saya akan kasih gambar hasil dari Aplikasi Konversi Mata Uang.
Belajar java mobile, contoh aplikasi java mobile, cara membuat aplikasi konversi mata uang di java mobile,Belajar J2ME, contoh aplikasi J2ME, cara membuat aplikasi konversi mata uang di J2ME

Belajar java mobile, contoh aplikasi java mobile, cara membuat aplikasi konversi mata uang di java mobile,Belajar J2ME, contoh aplikasi J2ME, cara membuat aplikasi konversi mata uang di J2ME

Belajar java mobile, contoh aplikasi java mobile, cara membuat aplikasi konversi mata uang di java mobile,Belajar J2ME, contoh aplikasi J2ME, cara membuat aplikasi konversi mata uang di J2ME

Belajar java mobile, contoh aplikasi java mobile, cara membuat aplikasi konversi mata uang di java mobile,Belajar J2ME, contoh aplikasi J2ME, cara membuat aplikasi konversi mata uang di J2ME
Belajar java mobile, contoh aplikasi java mobile, cara membuat aplikasi konversi mata uang di java mobile,Belajar J2ME, contoh aplikasi J2ME, cara membuat aplikasi konversi mata uang di J2ME
Tunggu postingan selanjutnya yang akan membahas source code Aplikasi Konversi Mata Uang secara detail hanya di www.logikakode.com


Download File Project Disini

Mulai belajar membuat Aplikasi Java ME (Mobile)

Alhamdulillah akhirnya bisa juga kembali nulis blog, tulisan ini adalah yang pertama di bulan April,,hehe stelah kemaren aga sibuk mempersiapkan aplikasi yang mau di ikut sertakan dalam JGE(jogja game expo) walau akhirnya ga lolos 10 Besar, tapi pengalaman dalam membuat sebuah game adalah sebuah pelajaran besar buat saya, bahwa tidak mudah menjadi seorang programmer.hehehe
Yah back the topics, disini saya mau share bagaimana cara pertama kali kalo ingin membuat aplikasi mobile?bagaimana sih langkah langkahnya. dan disni nanti hanya saya jelasin bagaimana membuat hallo world di java mobile, kenapa? karena semua pemrogrman pasti melewati dulu yang namanya hello world.hehe istilahnya hello world adalah langkah pertama, dan langkah pertamalah yang akan membimbing kita pada langkah kedua dan seterusnya.. :D
ok siapkan dlu netbeansnya. kebanyakan yang sudah mo blajar java me sebelumnya sudah kenal apa itu netbeans. memang banyak programmer java me yang menggunakan eclipse pulsar dalam develop aplikasi java ME mereka, namun menurut saya netbeans juga tak kalah bagusnya, apalagi komputer sekarang yang sudah di dukung oleh spek2 yang bagus dan mumpuni.hehhe. kalo blum ada netbeansnya harap download dulu di netbeans.org dan pilih yang ada java ME nya.
setelah itu buat project baru
project
lalu buat nama project
project
lalu setting emulator serta tipe hape
o
setelah itu buat class midlet baru..
u
Lalu masukkan nama class Midletnya terus di ok..
j
setelah itu ketik isi program seperti dibawah..
n
setelah itu di build and clean
c
setelah itu baru di run..
a
hasilnya seprti berikut.
s
mudah kan kawan kawan. pertama ga gitu sulit.. selanjutnya bisa baca2 tutorial mungkin yang dari sun atau dari roseindia.net . selamat belajar.. :D